Diagnosa klinik; Pengenalan Symptom, sinyalemen dan anamnesi


Diagnosa adalah penentuan jenis penyakit yang dihasilkan dari pengumpulan data informasi kesehatan hewan dengan proses dan teknik pemeriksaan atau alat tertentu. 

Diagnosis adalah menentukan jenis penyakit berdasarkan tanda dan gejala dengan menggunakan cara dan alat laboratorium, foto dan klinik. 

Proses/Teknik diagnosa
  1. Anamnesa
  2. Pemeriksaan fisik
  3. Pemeriksaan laboratorium
  • Symptom
Symptom adalah gejala-gejala suatu penyakit atau trauma yang dialami atau dirasakan seseorang (pasien). Symptom bersifat subjektif, yakni dapat diamati, diperiksa atau diukur dengan suatu alat oleh dokter. Nyeri merupakan suatu symptom atau gejala. Dokter tidak mengetahui seseorang sakit kepala, kecuali setelah pasien menceritakan keluhan sakit kepalanya kepada dokter. beberapa contoh lain dari symptom yaitu; gatal, mual, kesemutan, vertigo, dll.

  • Sinyalemen
Sinyalemen/jati diri/identitas atau ciri-ciri dari seekor hewan merupakan ciri-ciri pembeda yang membedakannya dari hewan lain sebangsa dan sewarna meski ada kemiripan satu sama lainnya. Sinyalemen sangat penting untuk dikenali dan dicatat pada awal pemeriksaan fisik.

Fungsi sinyalemen:
  1. Sinyalemen selalu dimuat di dalam pembuatan surat jalan bagi hewan yang akan dibawa dari satu tempat ke tempat lain dan menerangkan sebenar-benarnya bahwa hewan dengan ciri-ciri yang tertuang dalam dokumen tersebut berasal dari tempat yang tertuang pada surat jalan hewan.
  2. Pencantuman status kesehatan hewan di surat keterangan sehat atau surat status vaksinasi yang telah dijalaninya sesuai dengan ciri-ciri hewan dimaksud dalam surat tersebut.
  3. Identitas diri di dalam rekam medis rumah sakit bahwa hewan dengan ciri-ciri yang jelas pernah dirawat di rumah sakit atau pernah dibawa berkonsultasi ke klinik atau rumah sakit, sehingga memudahkan petugas administrasi medik membuka kembali dokumen rekam medik untuk tujuan mempelajari sejarah penyakit hewan sebelumnya.
Sinyalemen pada anjing dan kucing terdiri atas:
  1. nama hewan
  2. jenis hewan
  3. bangsa atau ras
  4. jenis kelamin
  5. umur
  6. warna kulit dan rambut
  7. berat badan
  8. ciri-ciri khusus
  • Anamnesi
Anamnesi upaya mencari tahu dengan bertanya kepada klien/pemilik hewan, mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan penyakit yang diderita oleh pasien/hewan yang diperiksa (sejarah hewan sebelum sakit dan keadaan hewan pada saat sakit, pakan yang diberikan, keadaan sekitar apakah ada hewan yang sakit atau tidak).

Anamnesa dilakukan dengan dua cara yaitu:
  1. auto anamnesa
  2. allo-anamnesa

1 komentar

My Instagram