Peranan Hormon FSH dan LH pada Hewan Jantan dan Hewan Betina

Peranan Hormon FSH dan LH pada hewan jantan dimulai dari Hipotalamus menghasilkan Gonadotrophine Releasing Hormone (GnRH) yang akan merangsang Hipofisa anterior mengatur pelepasan hormon FSH yaitu hormon yang merangsang spermatogenesis dan hormon LH yaitu hormon yang merangsang pembentukan hormon testosteron. FSH dan LH bekerja di testis. FSH bekerja pada sel sertoli yang akan menghasilkan Androgen Binding Protein (ABP).  FSH juga merangsang sel Sertoli untuk menghasilkan inhibin, yang memberikan negatif feedback terhadap hipofisis anterior untuk mengurangi sekresi FSH sedangkan LH bekerja pada sel leydig yang menghasilkan hormon Testosteron. Testosteron memberikan negatif feedback terhadap hipofisis anterior dan hipotalamus.

Peranan Hormon FSH dan LH pada hewan betina dimulai dari Hipotalamus menghasilkan Gonadotrophine Relasing Hormone (GnRH) yang akan merangsang Hipofisa anterior mengatur pelepasan Hormon FSH dan hormon LH. FSH dan LH bekerja di ovarium. Hormon FSH yaitu hormon yang menstimulasi pertumbuhan folikel pada ovarium dan memproduksi hormon estrogen. Hormon estrogen menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan saluran kelamin betina. FSH juga berperan dalam ovulasi. FSH merangsang perkembangan folikel yang akan menghasilkan estradiol dan inhibin, yang mana estradiol akan memberikan positive feedback ke hipotalamus sedangkan inhibin akan memberikan negative feedback ke hipofisa anterior.
Hormon LH yaitu hormon yang menstimulasi corpus luteum dalam ovarium untuk menghasilkan hormon progesteron yang nantinya akan diteruskan ke hipofisa anterior dan hipotalamus. Progesteron sendiri berfungsi menebalkan dinding endometrium.

0 komentar:

Post a Comment

My Instagram